PT. Kenko Electric Indonesia

PT. Kenko Electric Indonesia

Supplier Timbangan Digital Indonesia Learn More
PT. Garda Total Security

PT. Garda Total Security

Perusahaan Outsourcing Partner Yang Tepat Learn More

Dkompanies situs informasi perusahaan Indonesia

25 Istilah Yang Paling Sering Dipakai Didunia Investasi

Posted By: Admin on 23 February 2023 Category: Artikel
25 Istilah Yang Paling Sering Dipakai Didunia Investasi

Investasi merupakan salah satu cara untuk menanamkan modal pada suatu perusahaan.

Dalam dunia investasi, terdapat berbagai istilah yang sering dipakai.

Berikut ini adalah 25 istilah yang sering dipakai dalam dunia investasi penanaman modal perusahaan beserta penjelasannya yang sangat detail.

25 Istilah yang Sering Dipakai dalam Dunia Investasi Penanaman Modal Perusahaan

Berikut adalah 25 istilah yang sering dipakai dalam dunia investasi penanaman modal perusahaan:

1. Return on Investment (ROI)

ROI merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur tingkat pengembalian suatu investasi. ROI dihitung dengan membagi keuntungan bersih dengan modal awal yang ditanamkan. Contoh penerapan: Jika modal awal yang ditanamkan sebesar Rp 10.000.000,- dan keuntungan bersihnya sebesar Rp 2.000.000,-, maka ROI yang didapat adalah 20%.

2. Capital Gain

Capital gain adalah selisih antara harga jual dengan harga beli saham atau aset investasi. Contoh penerapan: Jika seseorang membeli saham seharga Rp 1.000.000,- dan menjualnya seharga Rp 1.500.000,-, maka capital gain yang didapat adalah Rp 500.000,-.

3. Risk Management

Risk management adalah proses pengelolaan risiko dalam investasi. Tujuannya adalah untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan. Contoh penerapan: Seorang investor memilih untuk menyebar investasinya pada beberapa jenis instrumen investasi agar jika terjadi kerugian pada salah satu instrumen investasi, maka kerugian tersebut tidak terlalu besar.

4. Diversifikasi

Diversifikasi adalah strategi investasi yang dilakukan dengan menyebar investasi pada berbagai jenis instrumen investasi. Tujuannya adalah untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan. Contoh penerapan: Seorang investor memilih untuk menanamkan modalnya pada beberapa jenis instrumen investasi seperti saham, obligasi, dan properti.

5. Blue Chip Stocks

Blue chip stocks adalah saham-saham dari perusahaan-perusahaan yang memiliki reputasi yang baik dan memiliki kinerja keuangan yang stabil. Contoh penerapan: Saham perusahaan PT Telkom Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) termasuk dalam kategori blue chip stocks.

6. Asset Allocation

Asset allocation adalah proses penentuan alokasi dana pada berbagai jenis instrumen investasi. Tujuannya adalah untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan. Contoh penerapan: Seorang investor memutuskanuntuk menanamkan sebagian modalnya pada saham, obligasi, dan emas dengan alokasi dana yang berbeda-beda sesuai dengan profil risikonya.

7. Portfolio

Portfolio adalah kumpulan dari berbagai jenis instrumen investasi yang dimiliki oleh seorang investor. Contoh penerapan: Seorang investor memiliki portfolio investasi yang terdiri dari saham, obligasi, properti, dan emas.

8. Equity

Equity adalah bagian kepemilikan dalam suatu perusahaan. Contoh penerapan: Jika seseorang memiliki saham perusahaan sebesar 10%, maka ia memiliki equity sebesar 10% dari total kepemilikan perusahaan.

9. Dividend

Dividend adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham. Contoh penerapan: Jika suatu perusahaan membagikan dividen sebesar Rp 10.000,- per saham, maka pemegang saham akan menerima dividen tersebut sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

10. Bond

Bond atau obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah. Contoh penerapan: Jika seseorang membeli obligasi dari pemerintah sebesar Rp 10.000.000,-, maka pemerintah akan membayar kembali obligasi tersebut beserta bunganya pada waktu yang telah ditentukan.

11. Mutual Fund

Mutual fund atau reksa dana adalah bentuk investasi yang mengumpulkan dana dari sejumlah investor dan mengelolanya dalam berbagai jenis instrumen investasi. Contoh penerapan: Seorang investor dapat membeli unit penyertaan reksa dana saham yang menginvestasikan dana investor pada saham-saham yang terdaftar di bursa efek.

12. Index Fund

Index fund adalah reksa dana yang mengikuti pergerakan indeks saham tertentu. Contoh penerapan: Seorang investor dapat membeli unit penyertaan reksa dana indeks yang mengikuti pergerakan indeks saham tertentu seperti indeks LQ45 di bursa efek Indonesia.

13. Stock Split

Stock split adalah pembagian saham menjadi beberapa bagian untuk meningkatkan likuiditas saham. Contoh penerapan: Jika suatu perusahaan melakukan stock split 2:1, maka setiap saham yang dimiliki oleh pemegang saham akan menjadi 2 saham dengan harga yang lebih rendah.

14. Initial Public Offering (IPO)

Initial Public Offering (IPO) adalah proses penawaran saham perdana suatu perusahaan kepada masyarakat. Contoh penerapan: Saat perusahaan baru go public, perusahaan tersebut akan menawarkan saham perdana kepada masyarakat dengan harga tertentu.

15. Price to Earnings Ratio (P/E Ratio)

Price to Earnings Ratio(P/E ratio) adalah rasio yang digunakan untuk mengukur harga saham suatu perusahaan dibandingkan dengan laba per lembar saham. Contoh penerapan: Jika harga saham suatu perusahaan sebesar Rp 10.000,- per lembar saham dan laba per lembar sahamnya sebesar Rp 500,-, maka P/E ratio yang didapat adalah 20.

16. Market Capitalization

Market capitalization adalah nilai total pasar saham suatu perusahaan. Contoh penerapan: Jika suatu perusahaan memiliki 10.000.000 lembar saham dan harga sahamnya sebesar Rp 1.000,- per lembar saham, maka market capitalization perusahaan tersebut adalah Rp 10.000.000.000,-.

17. Volatility

Volatility adalah tingkat fluktuasi harga saham atau instrumen investasi lainnya. Contoh penerapan: Jika harga saham suatu perusahaan naik dan turun secara drastis dalam waktu yang singkat, maka pergerakan harga saham tersebut dikatakan volatil.

18. Hedge Fund

Hedge fund adalah bentuk investasi yang dikelola oleh manajer investasi yang memiliki kebebasan dalam memilih instrumen investasi. Contoh penerapan: Seorang investor dapat menginvestasikan dana pada hedge fund yang dikelola oleh manajer investasi yang memiliki track record yang baik.

19. Futures

Futures adalah kontrak untuk membeli atau menjual aset pada harga tertentu di masa depan. Contoh penerapan: Seorang investor dapat membeli kontrak futures untuk membeli atau menjual saham tertentu pada harga tertentu di masa depan.

20. Options

Options adalah kontrak untuk membeli atau menjual aset pada harga tertentu di masa depan dengan harga yang sudah ditentukan sebelumnya. Contoh penerapan: Seorang investor dapat membeli kontrak options untuk membeli atau menjual saham tertentu pada harga tertentu di masa depan dengan harga yang sudah ditentukan sebelumnya.

21. Leverage

Leverage adalah penggunaan dana pinjaman untuk meningkatkan potensi keuntungan. Contoh penerapan: Seorang investor meminjam dana sebesar Rp 100.000.000,- untuk diinvestasikan pada saham dengan harapan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

22. Short Selling

Short selling adalah penjualan saham atau aset investasi lainnya yang dimiliki seseorang dengan harapan harga saham atau aset investasi tersebut akan turun. Contoh penerapan: Jika seseorang menjual saham yang dimilikinya dengan harapan harga saham tersebut akan turun, maka ia melakukan short selling.

23. Liquidity

Liquidity adalah kemampuan untuk menjual saham atau aset investasi lainnya dengan harga yang wajar dalam waktu yang singkat. Contoh penerapan: Saham yang likuid adalah saham yang mudahdijual dalam waktu yang singkat tanpa mempengaruhi harga saham tersebut.

24. Stop Loss

Stop loss adalah perintah untuk menjual saham atau aset investasi lainnya pada harga tertentu jika harga tersebut turun hingga batas tertentu. Contoh penerapan: Seorang investor menetapkan stop loss pada saham yang dimilikinya pada harga Rp 1.000,- per saham jika harga saham tersebut turun hingga batas Rp 900,- per saham.

25. Fundamental Analysis

Fundamental analysis adalah analisis terhadap kinerja keuangan suatu perusahaan untuk menilai potensi keuntungan di masa depan. Contoh penerapan: Seorang investor melakukan fundamental analysis pada suatu perusahaan dengan melihat laporan keuangan, pertumbuhan laba, dan posisi keuangan perusahaan.

Demikianlah 25 istilah yang sering dipakai dalam dunia investasi penanaman modal perusahaan beserta penjelasannya yang sangat detail. Dalam melakukan investasi, sangat penting untuk memahami istilah-istilah ini agar dapat meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan. Selamat berinvestasi!

Sumber: https://www.investopedia.com/

153 Views

Konten bersumber dari berbagai sumber yang kesemuanya dibutuhkan validasi keakuratan isi dan data. Kesalahan nama, penyebutan, data, istilah dan lain sebagainya adalah diluar unsur kesengajaan dan tidak dimaksudkan untuk tujuan apapun. Karenanya, dengan senang hati Dkompanies.com menerima masukan, koreksi, kritik dan saran untuk memberikan informasi lebih baik lagi dan silahkan kirimkan melalui email dihalaman contact kami.

Admin

Admin

Dkompanies - situs informasi perusahaan Indonesia didirakan sebagai media content marketing bagi perusahaan-perusahaan yang ingin berpromosi dengan biaya yang murah.
sitemap

Artikel Dengan Tags Yang Sama

25 Strategi Cara Agar Perusahaan Bisa IPO

25 Strategi Cara Agar Perusahaan Bisa IPO

Perusahaan yang ingin tumbuh dan berkembang pada umumnya membutuhkan tambahan modal untuk membiayai ekspansi usahanya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan go public atau Initial Public Offering (IPO). IPO adalah proses penawaran saham perusahaan kepada masyarakat melalui bursa efek. Dalam artikel ini, akan dijelaskan 25 strategi yang dapat dilakukan agar perusahaan bisa IPO. […]

17310 Views
35 Strategi Menjadi Perusahaan Distributor

35 Strategi Menjadi Perusahaan Distributor

Selamat datang di artikel tentang 35 Strategi Menjadi Perusahaan Distributor. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang berbagai strategi yang dapat membantu Anda menjadi perusahaan distributor yang sukses. 35 Strategi Menjadi Perusahaan Distributor Berikut adalah 35 strategi yang dapat Anda terapkan untuk menjadi perusahaan distributor yang sukses: 1. Memiliki Pemahaman yang Mendalam tentang Produk Untuk […]

301 Views
Ini 25 Isi, Cara dan Contoh Membuat Company Profile Perusahaan

Ini 25 Isi, Cara dan Contoh Membuat Company Profile Perusahaan

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan company profile sebagai media untuk memperkenalkan perusahaan kepada khalayak umum. Sebuah company profile yang baik dan profesional dapat meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen dan mitra bisnis. Berikut adalah 25 hal penting yang harus diperhatikan saat membuat company profile agar terkesan professional. 25 Hal Penting Dalam Membuat Company […]

197 Views
25 Kisah Perusahaan Besar Yang Sukses Bangkit Kembali Setelah Didera Masalah

25 Kisah Perusahaan Besar Yang Sukses Bangkit Kembali Setelah Didera Masalah

Banyak perusahaan menghadapi masalah keuangan yang serius, namun hanya sedikit yang mampu bangkit kembali setelah mengalaminya. Berikut ini adalah 25 contoh perusahaan dari berbagai negara yang berhasil bangkit kembali setelah mengalami masalah keuangan yang serius. Keberhasilan Perusahaan yang Mampu Bangkit Kembali Setelah Didera Masalah Keuangan Berikut adalah 25 contoh kasus keberhasilan perusahaan yang mampu bangkit […]

219 Views
30 Solusi Cara Tepat Saat Perusahaan Butuh Karyawan Baru Disaat Kekurangan Anggaran

30 Solusi Cara Tepat Saat Perusahaan Butuh Karyawan Baru Disaat Kekurangan Anggaran

Saat perusahaan membutuhkan karyawan baru, biasanya dibutuhkan anggaran untuk merekrut dan membayar gaji para karyawan baru tersebut. Namun, terkadang perusahaan tidak memiliki anggaran yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ini. Berikut ini adalah 30 masalah dan solusi saat perusahaan menghadapi situasi ini. 30 Masalah dan Solusi saat Perusahaan Membutuhkan Karyawan Baru Tanpa Anggaran Beberapa solusi yang […]

316 Views
25 Skandal Perbankan Yang Melibatkan Perusahaan dan Bank

25 Skandal Perbankan Yang Melibatkan Perusahaan dan Bank

Banyak perusahaan dan bank di seluruh dunia telah terjerat dalam kasus penggelapan keuangan. Hal ini sering kali mengakibatkan kerugian besar bagi investor, nasabah, karyawan, dan masyarakat secara umum. Berikut adalah 25 contoh kasus skandal penggelapan keuangan perusahaan dan bank yang terjadi di berbagai negara di dunia: Kasus Skandal Penggelapan Keuangan Perusahaan dan Bank di Seluruh […]

333 Views

Artikel Dengan Category Yang Sama

25 Strategi Cara Agar Perusahaan Bisa IPO

25 Strategi Cara Agar Perusahaan Bisa IPO

Perusahaan yang ingin tumbuh dan berkembang pada umumnya membutuhkan tambahan modal untuk membiayai ekspansi usahanya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan go public atau Initial Public Offering (IPO). IPO adalah proses penawaran saham perusahaan kepada masyarakat melalui bursa efek. Dalam artikel ini, akan dijelaskan 25 strategi yang dapat dilakukan agar perusahaan bisa IPO. […]

17310 Views
50 Keuntungan dan Kelebihan Timbangan Digital Kenko Dibandingkan Merek Timbangan Lainnya

50 Keuntungan dan Kelebihan Timbangan Digital Kenko Dibandingkan Merek Timbangan Lainnya

Timbangan merupakan alat yang penting untuk mengukur berat suatu benda. Saat ini, timbangan digital semakin banyak digunakan karena lebih akurat dan praktis dibandingkan dengan timbangan analog. Salah satu merek timbangan digital yang terkenal adalah Kenko. Berikut adalah 50 keuntungan menggunakan timbangan digital Kenko yang sangat lengkap: 50 Keuntungan Menggunakan Timbangan Digital Kenko Berikut adalah 50 […]

834 Views
40 Strategi Cara Memangkas & Mempercepat Jalur Distribusi Agar Proses Pendistribusian Jadi Lebih Cepat & Murah

40 Strategi Cara Memangkas & Mempercepat Jalur Distribusi Agar Proses Pendistribusian Jadi Lebih Cepat & Murah

Pendistribusian barang atau produk adalah salah satu aspek penting dalam sebuah bisnis. Dalam era modern ini, persaingan semakin ketat dan pelanggan semakin menuntut untuk mendapatkan produk dengan harga terjangkau dan cepat diantarkan. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan inovasi dan memangkas jalur distribusi agar proses pendistribusian menjadi lebih cepat atau lebih murah. Berikut adalah 40 […]

330 Views
Bagaimana Cara Mendistribusikan Produk? Ini 25 Alasan Pentingnya Menggunakan Perusahaan Distributor

Bagaimana Cara Mendistribusikan Produk? Ini 25 Alasan Pentingnya Menggunakan Perusahaan Distributor

Sebagai produsen produk, setiap perusahaan pasti ingin produknya dikenal oleh masyarakat luas. Namun, bagaimana caranya supaya produk tersebut dapat sampai ke tangan konsumen dengan mudah? Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan jasa perusahaan distributor. Berikut adalah 25 pentingnya menggunakan perusahaan distributor untuk mendistribusikan produk: Bagaimana Cara Mendistribusikan Produk enggunakan Perusahaan Distributor 1. Lebih Efisien dan […]

218 Views
35 Strategi Menjadi Perusahaan Distributor

35 Strategi Menjadi Perusahaan Distributor

Selamat datang di artikel tentang 35 Strategi Menjadi Perusahaan Distributor. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang berbagai strategi yang dapat membantu Anda menjadi perusahaan distributor yang sukses. 35 Strategi Menjadi Perusahaan Distributor Berikut adalah 35 strategi yang dapat Anda terapkan untuk menjadi perusahaan distributor yang sukses: 1. Memiliki Pemahaman yang Mendalam tentang Produk Untuk […]

301 Views
50 Tugas Utama Manajemen Manager HRD Perusahaan Dalam Mengelola SDM

50 Tugas Utama Manajemen Manager HRD Perusahaan Dalam Mengelola SDM

Selamat datang di artikel kami tentang 50 hal yang berkaitan dengan management human resources sebuah perusahaan. Dalam artikel ini, kami akan membahas 50 hal yang terkait dengan manajemen sumber daya manusia dan memberikan keterangan, definisi, dan manfaat dari masing-masing hal tersebut. 50 Hal yang Berkaitan dengan Management Human Resources Berikut adalah 50 hal yang terkait […]

263 Views
25 Software Untuk Membuat Invoice Perusahaan Bisa Kirim Tagihan Otomatis

25 Software Untuk Membuat Invoice Perusahaan Bisa Kirim Tagihan Otomatis

Apabila Anda sering berbisnis atau bekerja sebagai freelancer, membuat invoice adalah suatu hal yang penting. Namun, membuat invoice secara manual dapat memakan waktu dan melelahkan. Oleh karena itu, ada banyak software yang dapat membantu Anda membuat invoice dengan mudah dan cepat. Berikut adalah 25 nama software untuk membuat invoice beserta keterangan lengkapnya: 25 Nama Software […]

372 Views
15 Nama Software (Tools) Untuk Membuat Company Profile

15 Nama Software (Tools) Untuk Membuat Company Profile

Company profile adalah suatu hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini karena company profile dapat memberikan gambaran umum mengenai perusahaan, termasuk visi, misi, dan produk atau jasa yang ditawarkan. Berikut ini adalah 15 tools atau software untuk membuat company profile yang dapat membantu Anda membuat company profile yang menarik dan profesional. 15 Tools […]

571 Views
Ini 25 Isi, Cara dan Contoh Membuat Company Profile Perusahaan

Ini 25 Isi, Cara dan Contoh Membuat Company Profile Perusahaan

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan company profile sebagai media untuk memperkenalkan perusahaan kepada khalayak umum. Sebuah company profile yang baik dan profesional dapat meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen dan mitra bisnis. Berikut adalah 25 hal penting yang harus diperhatikan saat membuat company profile agar terkesan professional. 25 Hal Penting Dalam Membuat Company […]

197 Views
Designed by: BudiHaryono.com